Minggu, 27 Juli 2008

trik dalam wawancara kerja

“Interview'' kata tersebut selalu terngiang-ngiang di telinga gue dikala gue inget akan kelak gue akan melamar pekerjaan. Interview adakalanya jadi momok bagi gue bahkan bagi kebanyakan orang yang akan melamar pekerjaan karena interview merupakan bagian paling sulit dari proses rekruitment. Sulit di tebak dan sulit untuk dipahami. Perusahaan kadang kala medatangkan seorang psikolog khusus guna menginterview calon karyawan.

Susah,,susah ditebak memang!!! Kata-kata itu selalu keluar dari orang yang pernah mengalaminya. Calon karyawan adakalanya bingung dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peng-interview. Bingung akan jawaban yang sebaiknya ia jawab dan yang peng-interview inginkan.

Cara kita berbicara dan tingkah laku kita di dalam ruang interview di nilai oleh peng-interview. Apa yang sebaiknya kita lakukan???? Kata-kata itu muncul di benak gue di kala gue langi termenung di kamar kost. Namun setelah gue mengikuti seminar dan bertanya-kepada yang sudah mengalami di-interview,gue mendapat sedikit jawaban.

Nih gue bagi ke lo:

Tata krama:

Ø Bepakaian rapi tentunya

Ø Sebelum masuk ke ruang interview, lo sebaiknya mengucapkan salam terlebih dahulu!!

Ø Di ruang interview biasanya disediakan tempat dududk buat kita, nah sebelum kita duduk sebaiknya bertanya dulu kepada peng-interview boleh engganya kita duduk di bangku yang disediakan.

Ø Setelah kita diperbolehkan duduk, kita jangan berbicara dulu sebelum peng-interview memulai pembicaraan.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peng-interview adakalanya banyak persamaan, pertanyaan yang seperti apa sih biasanya?? Dan bagaimnana kita harus menjawabnya:

Jadi begini:

Ø Bila kita disuruh bercerita tentang diri sendiri, sebisa mungkin bercerita yang ada kaitannya dengan perusahaan yang kita lamar. Menceritakan pengalaman-pengalaman lo dan sedikit menyinggung perusahaan yang lo lamar. Misalnya, kita melamar ke PT Telkom, sebaiknya bercerita tentang pengalaman kita waktu berkunjung ke PT Telkom, atau ceritakanlah apa yang menjadi produk terkom yang lo pakai misalnya telepon rumah atau internet smart.

Ø Pertanyaan mengenai gaji yang diinginkan??

Pertanyaan gai yang pelamar inginkan bila kita bekerja di perusahaan tersebut hampir selalu ada di setiap interview. Bagaimnana kita menjawabnya??

Nah, kalo masalah gaji lo sebaiknya sebelum di-interview mencari tahu biaya hidup kita di daerah tersebut. Misalnya kita melamar di Jakarta, tentu biaya hidupnya juga berbeda dibanding di Jogja tentu kita mengajukan gaji yang berbeda pula. Sebelum lo masuk ke ruang interview, lo sebaiknya menghitung-itung dulu biaya-yang akan lo keluarin di Jakarta dalam waktu sebulan. Biaya makan,biaya kost, biaya jalan-jalan bahkan kalo perlu biaya lo buat nge-date atau nonton juga lo masukin,. Ga salah donk bila kita tidak menginginkan hidup yang serba paz2-an. Minimal gaji yang diberikan perusahaan tersebut cukup untuk kita hidup enak dan betah di daerah tersebut.. ya ngga??

Ø Pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan yang lo miliki??

mmmmm... ni pertanyaan biasanya menjadi pertanyaan favorit bagi peng-interview. Kenapa tidak toh kita diminta untuk menonjolkan kerendahan lo dan kesombongan lo.. bingung kan njawabnya!!!

Mengenai kelebihan: sebaiknya lo menceritakan kelebihan yang lo punya namun tidak berlebihan. Misal: karna lo gantenk/cantik, lo sertakan sebagai kelebihan lo!! Terlalu nasris itu mah oyy!!! Lo boleh nyertain kalo lo itu pinter asal didukung dengan bukti kalo IPK lo memang bagus... jangan bilang lo pinter n rajin belajar tapi IPK lo 2,5.. pantes ga tuh!!

Mengenai kekurangan: bingung paztinya!! Misal kita bilang kita malas, mana mau perusahaan mempekerjaan orang pemalas, kita bilang kita susah bangun pagi mana mau perusahaan mempekerjaakan orang yang selalu telat masuk kerja.

Nah untuk pertanyaan kekurangan sebaiknya sejak sekarang lo merancang jawaban untuk menjawab pertanyaan tersebut. Rancanganlah kekurangan yang lo miliki tapi dibalik itu juga merupakan kelebihan lo.. bisa ngga?? Gue aja mpe sekarang belum ketemu apa kekurangan gue yang merupakan kelebihn gue,, selamat berfikir aja mulai sekarang.. kira-kira apa kekurangan lo yang sekaligus bisa menjadi kelebihan lo..

Disamping itu, gue juga punya tips buat lo;

Ø Konsentrasi penuh bila lo dalam ruangan wawancara.. adakalanya peng-interview menanyakan hal-hal sepele kepada kita, kalo kita nerves atau lagi ga connect mesti njawabnya mbleweran ke mana2. Jaga kondisi tubuh, tidur yang cukup sebelum interview. Konsentrasi akan buyar bila kita kurang tidur atau dalam keadaan sakit.

Ø Kalo peng-interview wanita ada kecenderungan suka kalimat pasif (kata kerja berawalan di-), nah bila peng-interview wanita gunakanlah kalimat-kalimat pasif sedangkan kalo peng-interview pria gunakan kalimat aktif (kata kerja berawalan me-)

Ø Ketahuilah visi dan misi perusahaan terlabih dahulu.. (intinya kita mempelajari profil perusahaan yang akan kita lamar)

Sekedar tambahan dari gue,, bila kita melawar melaui surat:

Ø Tulislah alamat yang jelas dan sebaiknya ditujukan kepada ” Manajer HRD” perusahaan tersebut.

Ø Amplop yang kita gunakan sebaiknya berbeda dari amplop yang lain. Kita tahu berapa piluh ribu amplop yang masuk ke perusahaan tersebut. Manajer HRD ga mungkin membacanya semua amplop yang datang ke perusahaan tesebut, nah sebaiknya kita mengirim amplop yang berbeda dari yang lain. Misalnya berbeda dari ukuran amplop biasanya. ”setiap manusia cenderung ingin tahu terhadap hal-hal yang berbeda dari yang lain”

Cukup hanya itu dari gue, selebihnya dan kekurangannnya bisa di kirim ke e-mail gue. Gue juga masih perlu banyak mempersiapkan didri dikala menghadapi interview kelak. Gue juga hanya bisa nulis itu ke loo, tapi cara mengaplikasikannya nya juga gue belum tentu bisa. nah sekarang giliran loo bisa ngga mengaplikannya dikala nanti lo akan menghadapi interview. Namun apa salahnya lo coba!!!

8 komentar:

  1. makasih nich atas masukannya, jadi tambah info dakyu...

    BalasHapus
  2. Kalo perusahaannya bonafid dan besar, pasti punya standar gaji dunk. Nah, kalo ditanya mau gaji berapa waktu itu gue dikasih tips untuk menjawab dengan diplomatis, "Perusahaan sebesar ini pasti punya standar berapa besar gaji untuk fresh graduate (kalo lo fresh graduate) seperti saya."

    BalasHapus
  3. lam kenal yah hehehe

    BalasHapus
  4. terima kasih atas infonya..

    BalasHapus
  5. resibismo: sama2, kita kan harus berbagi pengetahuan..

    bloger bercerita: oh gt ya!! makasih atas masukannya ya!!! memang sih, ga semua perusahaan punya standar gaji tapi memang ada sebagian yang sudah menentukan standar gajinya..

    niohama: lam kenal juga>>>>...

    my: sama2,, kita diciptakan memang untuk saling berbagi pengetahuan...

    BalasHapus
  6. salam
    Really nice tips bro...
    trims ya dah mampir di SENYAWA, salam kenal aja :)

    BalasHapus
  7. heh :D aku pernah bahas kek gini juga tapi dari kacamata interviewer :D terutama interviewer yg semau gue.. kekeke...

    BalasHapus

friend..
kasih koment ya...